The Struggles to go to Europe Part #1


Selain harus bermimpi tinggi, kita juga harus kejar mimpi itu dong, setuju gak? orang bilang "you are defined by the stories you tell yourself". Jadi, gw selalu mencoba camkan dalam benak bahwa gw suatu hari pasti bakal ke Europe ntah gimanapun caranya. Melalui orang-orang keren yang gw ceritain di postingan sebelumnya, gw menjadi semakin termotivasi bahwa gw pasti bakal ke Europe. 

Waktu itu gw lagi semester 5 di masa perkuliahan, kebetulan waktu itu salah dua dari kating yang cukup deket sama gw yaitu Kak Vivi dan Kak Evi yang ngelakuin magang di Filipina dan India, tepatnya di KBRI Manila dan KBRI New Delhi. Cerita magang mereka bikin gw semangat banget nih buat ngelakuin magang juga, selain keluar negeri + edukasi, magang juga bakal nambah pengalaman gw banget dalam dunia perdiplomasian, tepatlah ya sama jurusan gw. 

Sejak saat itu, gw semangat banget buat ngelakuin magang di salah satu KBRI tapi gw belum yakin mau dimana. Dalam benak gw yang penting gw dapet partner buat magang bersama dulu, karena katanya kalau bareng temen setidaknya ketika lo lagi stress dengan kerjaan, lo ada temen curhat. Dan jadilah gw menawarkan Ulfi, Whiby dan Alam buat magang bareng gw dan mereka mau dan terbentuklah satu squad atau circle baru lagi dalam pertemanan gw dikampus meskipun sebenernya gw udah kenal mereka bertiga dari awal semester, cuma circle kita beda-beda waktu itu.

Sejak saat itu, kita  mulai nih getol nyari-nyari KBRI mana yang mau nerima kita, kita apply ke Bulgaria, India, Jepang, Yunani dan negara-negara lainnya. Beberapa negara yang kami ajukan untuk program magang sayangnya gak memiliki program magang. Dan negara pertama yang bales email kami dan memiliki program magang ya KBRI Sofia di Bulgaria. Jujur aja, gw seneng banget waktu itu, cita-cita gw ke Bulgaria kecapai juga, taulah yaa gw pengen banget ketemu temen-temen gw disana. 


Ini adalah salah satu bukti kita sering kumpul buat diskusi tentang magang, mulai dari budget, kerja sambilan dimana, email, tiket pesawat dsb (minus si Ulfi karna foto ini waktu masih awal-awal banget kita bentuk tim dan si Ulfi masih malu-malu buat kumpul 🤣)

Setelah beberapa kali balas-balasan email dengan KBRI Sofia, akhirnya kami memutuskan dan memantapkan bahwa kami bakalan fix magang disana. Daaannnnn, dimulailah hitung-hitungan budget. Sebelumnya sih kita udah estimasi budget setiap negara yang kita coba apply buat program magang, karna kita gak asal-asalan apply. Ntar tau-taunya biaya hidupnya tinggi banget kayak Eropa barat, kan gawat ntar, bangkrut seketika kita 🤣Setelah mantap kita fiksasi budget buat magang di Sofia, cari-cari tiket murah, dan yang pasti kita cari-cari kerja part-time biar setidaknya kita bisa bantu ortu kita sedikit biaya magangnya yang buat gw pribadi itu cukup besar tapi buat taraf Eropa itu udah paling murah 😆

Alam, adalah orang pertama dari kami yang dapet kerja part-time. Waktu itu akhir tahun 2016 dia mulai kerja jadi resepsionis di Bunk-bed and Breakfast Hostel. Terus dilanjut gw yang mulai kerja part-time di gerai nasi lemak. Terus setelah gw keluar dr gerai tersebut, gw masuk kerja di hostel  tempat Alam  kerja tepatnya bulan Februari gw mulai kerja disana. Tapi sebelum gw, Whiby udah masuk kerja disitu duluan. Nah, kalau Ulfi beda, dia kerja freelance jadi tim marketingnya toko bakpia apa gitu gw lupa namanya. Jadi, memasuki semester 6 tersebut, kami semua mulai sibuk cari uang tambahan, selain itu, di kampus kadang kami juga sering jualan kue basah keliling, bahkan pernah jadi reseller rice-bowl. Namanya juga perjuangan yaa kan, semua juga dilakoni walaupun sebenernya hasilnya gak banyak 🤣 bahkan uang hasil jualan keliling yang gak seberapa dan kita bagi berempat itu pada akhirnya habis buat karaoke semaleman karena kita udah suntuk banget mikirin waktu magang yang udah sebentar lagi tapi persiapan masih 50% wkwk


Ini foto waktu gw sama Ulfi "ngejenguk" Alam yang lagi kerja part-time di Bunk-Bed and Breakfast Hostel. Niat amat yak ngejenguk, hitung-hitung mentally support gengs, kan doi yang pertama mulai kerja wkwk


Nah kalau yang ini foto waktu gw sama Ulfi waktu itu lagi jatah jualan kue basah keliling di kampus demi sepeser rupiah  🤣


Kalau yang ini foto kita lagi jengukin Alam yang udah pindah kerja ke gerai minuman bubble sekalian buka puasa bareng wkwk


Nah jadi jangan salah, kita gak cuma jenguk-menjenguk doang kok, tapi kita sebenernya juga sering hang out bareng, gak sekedar buat bahas perihal persiapan magang, tapi juga buat mengeratkan pertemanan kami *cielah bahasanya berat buk wkwk*

 Ini adalah malam dimana kita karaoke semalaman (gak semalam juga yaa gengs wkwk ) ngehabisin duit hasil jualan kue basah keliling di kampus yang gak seberapa itu, stress relief lah yaa karna udah mendekati hari-hari keberangkatan 😝

Comments

Popular posts from this blog

Ketangkep Petugas Mumbai Suburban Railway (Kereta Api) di Mumbai

Ubud Surganya Bule eh Bali Maksudnya

Keseruan Rafting di Ubud Bersama Para Bule dan Menjadi Minoritas