Summary : Anak-Anak Tidak Rusak Sama Sekali (Wisdom Video by Dr Shefali Tsabary)

Komplain yang paling sering diutarakan oleh para orang tua adalah bahwa anak mereka buruk. Mereka tidak mendapatkan nilai yang bagus, mereka tidak mau mendengarkan dan sulit diberi tahu, mereka tidak menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka dan sebagainya. Tapi, tahukah kalian para orang tua, anak-anak kalian tidak rusak sama sekali. Mereka hanyalah anak-anak (just a kid).

Kenapa sih anak-anak berperilaku seperti itu? Kenapa mereka membangkang? Kenapa mereka berbuat hal yang tidak baik yang seharusnya tidak boleh mereka lakukan? Sebagai orang tua, pernahkah memikirkan hal tersebut? Menurut para psikolog, salah satunya Dr. Shefali, anak-anak berperilaku buruk tersebut karena : 

  • Mereka butuh perhatian, mereka berteriak dalam hatinya , mereka memohon kepada orang tua mereka"tolong, bantu aku, aku berjuang sendiri disini."
  • Mereka hanyalah anak-anak -> pelupa, lelah, stress, bingung
  • Mereka buruk karena mereka tidak tahu jalan lainnya sehingga mereka menjadi seperti itu
PARENTS HAVE TO WAKE UP TO THEIR OWN BAD BEHAVIOURS
(PARA ORANG TUA HARUS SADAR AKAN PERILAKU BURUK MEREKA SENDIRI)

Kenapa?
Sebetulnya, anak-anak menjadi kacau seperti itu bukan salah anak tersebut sama sekali, namun bisa jadi karena para orang tua itu sendiri yang terlalu merasa kacau, terlalu mengatur, gelisah. Sehingga anak-anak tersebut tidak memiliki pilihan lainnya, kecuali mengikuti apa yang dicontohkan (perilaku) orang tua mereka. 

Hampir tidak pernah ada anak yang betul-betul buruk.
Yang sebetulnya selalu terjadi adalah
bahwa para orang tualah yang menciptakan
perilaku anak menjadi seperti itu.

Untuk membesarkan anak-anak secara sadar dan bijaksana, orang tua perlu mengubah cara mereka memandang anak-anak mereka. Hal itu hanya akan terjadi apabila para orang tua berhenti fokus hanya pada perilaku buruk yang di lakukan anak mereka dan alih-alih fokus pada kehancuran batin mereka sendiri. Dengan lebih memahami kehancuran batin yang dirasakan dan fokus pada penyembuhannya, maka para orang tuapun akan memahami anak mereka jauh lebih baik dari sebelumnya.

Terhubunglah dengan anak-anak kalian
sebagaimana mereka apa adanya,
bukan sebagaimana mereka seperti 
yang kalian harapkan. 


(Dr. Shefali Tsabary adalah salah satu penulis buku terkenal tentang parenting, pembicara internasional dan psikolog klinis spesialisasi integrasi filosofi timur dan psikologi barat)

Comments

Popular posts from this blog

Ketangkep Petugas Mumbai Suburban Railway (Kereta Api) di Mumbai

Ubud Surganya Bule eh Bali Maksudnya

Keseruan Rafting di Ubud Bersama Para Bule dan Menjadi Minoritas