Self-Appreciation : Low Budget Backpacking to Bali Island

Hello again fellas!

Pernah gak sih kalian berpikir betapa pentingnya mengapresiasi diri sendiri setelah melewati waktu yang cukup berat? Kali ini, gue mau cerita tentang perjalanan gue backpacking ke Bali dalam rangkatmengapresiasi diri gue setelah melewati tahun yang cukup berat, yaitu menyelesaikan skripsi. Gue yakin sih, banyak dari kalian yang juga merasa hari-harinya cukup melelahkan saat menyelesaikan skripsi. Well, emang bener kalau skripsi itu gak boleh dibawa pusing, harus enjoy ngerjainnya, tapi gak bisa dipungkiri, pasti ada rasa tertekan dalam ngerjain, iya enggak? Nah, setelah gue menyelesaikan tugas terakhir sebagai mahasiswi, gue emang udah ngerencanain kalau ada rejeki gue mau backpackeran ke Bali. Sebenernya, bentuk apresiasi diri itu gak harus ngeluarin duit banyak ya gengs, gak mesti harus berhari-hari, semuanya tergantung ke diri masing-masing lagi, apa sih yang kita bisa kasih ke diri kita atas bentuk apresiasi karena telah berhasil bekerja keras. Kalau gue, karena gue suka sama yang namanya jalan-jalan, gue suka nyobain hal baru, gue suka ke tempat-tempat baru, dan alhamdulillah Allah kasih rejeki waktu itu, makanya gue memutuskan untuk backpaker-an ke Bali untuk beberapa hari untuk membahagiakan diri dan berterima kasih kepada diri sendiri karena sudah mampu bertahan sejauh ini. Jangan lupa ya gengs, apresiasi diri dan berterima kasih ke diri kita itu penting banget, logikanya nih, kalau kita berterima kasih ke orang, pasti orang tersebut akan seneng dong, sama halnya dengan diri kita, kalau kita berterima kasih ke diri kita, maka secara otomatis alam bawah sadar menjadi lebih semangat untuk menghadapi hari-hari kedepannya. Gimana, kalian udah berterima kasih ke diri kalian belum karena sudah bertahan untuk hidup sejauh ini? 😊

Duh kok gue jadi ceramah tentang self-appreciation ya wkwk gapapalah ya gengs, siapa tau bermanfaat bagi yang baca hehe cus aja deh gue cerita tentang low budget backpaking ke Bali ya... Pasti pada bertanya-tanya, low budget nya itu berapa? Naik apa ke Bali? Berapa Lama? Enggak lama kok gengs, gue juga menyesuaikan dengan budget yang ada hihi Ceritanya, beberapa minggu sebelum wisuda, gue sama sobat gue, Ulfi ngerencanain nih mau ke Bali, mulai deh kita atur-atur budget, browsing ke tempat apa aja yang mau dikunjungi, intinya kami coba buat itinerary. Gue bocorin nih ya, budget gue cuma 1 juta rupiah udah all in buat 4 hari 3 malem, udah termasuk ongkos yaa gengs. Iya cuma 1 juta, soalnya duitnya cuma ada segitu, taulah mahasiswa baru lulus, masih nganggur, belum ada penghasilan, tapi bisa kok, yakin aja bisa, and We did it!

Gue lupa tanggal berapa tepatnya berangkat ke Bali, tapi yang pasti akhir Oktober 2018, yups sekitar setahun yang lalu, and I already miss Bali sooo much! Dikarenakan low budget, dan emang gue pengen banget ke Bali lewat jalur darat, jadi satu-satunya jalan termudah dan termurah adalah pakek kereta. Rutenya nih ya, dari Stasiun Tugu Jogja ke Stasiun Banyuwangi. Untuk perjalanannya sendiri sekitar 14 jam ya gengs, dengan kereta ekonomi, kebayang dong gimana rasannya duduk di kereta ekonomi selama 14 jam? But I enjoyed it so much, karena gue emang suka naik kereta dan untuk stay happy itu syaratnya harus menikmati perjalanan dong ya, karena disetiap perjalanan pasti ada cerita untuk menjadi kenangan di hari tua, setuju gak? oh iya, FYI, saat itu harga tiket keretanya 98 ribu doang, kalau sekarang kurang tau ya masih sama atau udah naik.


(sayang cuma tersisa foto ini di stasiun)

Waktu itu, kami berangkat pagi-pagi sekitar pukul 7, dan sampai di Banyuwangi sekitar pukul 9 malem. Untungnya nih, Pelabuhan Ketapang jaraknya cuma sekitar 100 meter dari stasiun, jadi tinggal jalan dong, lumayanlah ngirit budget heheh Sesampainya di pelabuhan, jangan lupa beli tiket kapal dong buat nyebrang, sayangnya sejak agustus 2018 semua tiket penyeberangan mengharuskan pembayarannya pakek kartu flazz, karena gue sama Ulfi gak ada yang punya, jadilah harus beli dulu kartunya seharga 25ribu (beli satu aja cukup gengs, bisa buat bayar tiket berdua kok), sekalian top up juga nih buat bayar tiketnya. Harga tiket penyebrangan 7500 buat satu orang per perjalanan ya. FYI lagi, di Pelabuhan Ketapang, kapal beroperasi setiap satu jam, jadi gak perlu khawatir ketinggalan kapal. 

Gue ambil penyerangan dengan waktu keberangkatan pukul 10.00 malem, dengan waktu menyebrang sekitar 30 menit, cepat kan? yaiyalah, orang deket banget jaraknya gengs heheh Berhubung Bali 1 jam lebih cepat dari Pulau Jawa, jadi kami sampai di Bali hampir tengah malem. Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk, kami keluar gate buat nyari bus yang bisa bawa kami ke Denpasar (Karena gak ada bus yang langsung ke Kuta , padahal hotel yang kami pesen ada di Kuta). Sekeluarnya kami dari pelabuhan, beuh suasananya horor banget, ntah karena sugesti atau gimana, tapi suasananya emang sepi banget kalau tengah malem, gue pikir bakalan rame sama bule-bule yang ke Bali, tapi prediksi salah, tengah malem gini kagak ada bule. Tapi, buat self-defense, kami sok cool, gak boleh terlihat khawatir. Kami jalan dari pelabuhan menuju terminal yang gak jauh dari pelabuhan, eh baru juga keluar pelabuhan, muncul nih gerak-gerik gak jelas dari beberapa lelaki yang emang menunggu di depan pelabuhan, lelaki itu ngeliatin gue sama Ulfi, terus dia jalan ke arah terminal dan gak lama kemudian, lelaki dengan badan berpostur preman nyamperin kami, duh mau diapain nih? Pemikiran negatif mulai muncul dan otak mulai bekerja keras nih mikir tindakan apa yang harus dilakukan kalau memang dia penjahat (parno abis ya? wkwk). Eh ternyata si lelaki tersebut nawarin kita buat naik bus nya, awalnya rada takut, takut dibawa ke tempat yang gak jelas, tapi kami gak ada pilihan, cuma bus doi doang yang beroperasi waktu itu, alhasil naiklah kami berdua ke busnya, di dalem bus udah ada beberapa orang, kebanyakan laki-laki, dan mulai lagi nih, pikiran liar kemana-mana (jangan-jangan ini komplotannya semua?), tapi kami tetep naik dan mencoba positive thinking, dan pastinya mulut komat kamit terus baca doa haha Oh iya, gak lupa juga, gue langsung buka gmaps buat ngecek jalur, takutnya busnya bukan bawa gue kearah denpasar tapi ke wilayah lain, berabe ntar hehe oh iya gue lupa deskripsiin buat bus yang kami tumpangi, waktu itu kami naik bus macam metro mini gitu, kecil, gak ada AC, sempit gitulah, dengan harga 50rb, kalau gue browsing sebelum berangkat, biaya dari Gilimanuk ke Denpasar emang sekitar segitu, meskipun ada yang 40ribu, tapi yasudahlah, masih untung tengah malem ada bus yang beroperasi, jadi kami gak luntang-lantung di pelabuhan.

Selama di perjalanan, gue susah bobo, meskipun udah capek dan ngantuk banget, gimana mau bobo dong, busnya jalannya ngebut banget dan cukup ugal-ugalan, mana ngelewatin hutan rimba nan gelap, jadi tahan-tahanin aja mata sepet. Sekitar 3 jam di perjalanan, akhirnya bus kami sampe di terminal Ubung, Denpasar. Alhamdulillah, semua pemikiran parno gak terjadi wkwk Kemudian kami masih harus lanjut perjalanan nih buat sampe ke Kuta, karena tengah melem, cara satu-satunya buat sampe Kuta ya naik Grab Car/ Gocar. Tapi, seperti yang udah kami baca-baca tentang terminal Ubung, pokoknya gak boleh pesen online taxi atau online ojek di area terminal, atau bakal di keroyok sama preman terminal, jadi harus pesen yang agak jauh dari situ. Jadi kami memutuskan buat ke sebuah mini market seberang terminal buat browsing kemana kami harus jalan buat pesen taxi online. Eh, emang dasar rejeki , waktu itu ada mas (seorang diri ya) yang juga lagi nunggu di jemput, berbincanglah kami dengan doi, usut punya usut doi cerita dari Jawa juga dan di Bali kerja. Gak lama kemudian, ada salah seorang lelaki dateng naik motor buat jemput doi, ternyata itu saudaranya. Tanpa banyak bilang dan nawarin, si mas yang ngobrol sama kami itu, langsung gantian naik motor sama saudaranya dan nyuruh salah satu antara gue atau Ulfi naik ke motornya, katanya mau dianterin ke tempat yang agak jauh dari terminal biar bisa pesan taksi online, dan naiklah Ulfi ke motornya, awalnya gue rada parno juga, tengah malem, ada dua lelaki tetiba tanpa nawarin langsung nyurul naik motornya, ngeri juga dong haha eh gak lama kemudian doi balik lagi dan nyuruh gue buat naik ke atas motor, dan ngikutlah gue, dan ternyata beneran kami di berhentiin di sebuah mini market lain. Saat itu juga, gue yakin banget kalau masih banyak banget manusia-manusia baik di dunia ini dan pertolongan itu bisa dateng dari mana aja, believe it guys! Semoga kebaikan selalu menyertai si kedua mas itu .

Kemudian kami akhirnya bisa dengan santai duduk-duduk di depan mini market itu untuk memesan taksi online. Perjalanan dari Denpasar ke Kuta sekitar 1 jam dengan ongkos grab sekitar 60 ribu. Menjelang subuh, sampailah kami di hotel, setelah hampir 24 jam dalam perjalanan, akhirnya bisa juga touched down kasur guys 🤣 Untuk detail hotel low budget dengan fasilitas oke di Kuta, gue ceritain di next postingan ya, thank you for reading and see you soon, readers!


(seinget gue, gue banyak foto di perjalanan mulai dari di kereta, stasiun dan pelabuhan, cuma sayang, foto-fotonya gak sengaja kehapus, termasuk foto-foto di Ubud, hiks)

Comments

Popular posts from this blog

Ketangkep Petugas Mumbai Suburban Railway (Kereta Api) di Mumbai

Ubud Surganya Bule eh Bali Maksudnya

Keseruan Rafting di Ubud Bersama Para Bule dan Menjadi Minoritas