Kamu Bukan Dia, Kamu adalah Kamu! You're On Time!



Hey guys, kali ini gue gak bakalan nge-share tentang nge-trip kayak biasanya, gue juga gak ada niatan buat nyaingin para influencer jaman now (kayak yakin aja bisa nyaingin wkwk), tapi kali ini gue cuma mau berbagi aja sama kalian tentang hal yang juga pernah bahkan masih sering gue alami sampe saat ini. 

Dari judul blog kali ini kayaknya udah cukup jelas ya apa yang bakalan gue share? Yes, percaya sama proses yang sedang kalian jalani saat ini. Sering kali kita membanding-bandingkan diri kita sama orang lain, atau orang sekitar kita yang membanding-bandingkan kita sama orang lain sehingga kita jadi ikut-ikutan membandingkan diri kita. Bohong gak kalian kalau kalian bilang gak pernah ngerasain hal ini? Gue yakin 100% manusia di muka bumi ini 50% lebihnya sering membanding-bandingkan diri mereka, termasuk gue hehe Wajar gengs, wajar banget kalau kalian melakukannya.

Di umur gue saat ini, ya usia 23-25 tahun, usia dimana udah pada lulus kuliah, udah kerja dan sebagainya, pasti deh sering kepikiran "ya ampun, dia udah kerja di perusahaan bergengsi dengan posisi yang keren", "gila usaha dia udah sukses, udah bisa beli mobil aja", "dia udah nikah aja, happy banget kayaknya, dan gue masih gini aja jomblo", "dia kok jalan-jalan mulu sih, enak banget bisa banyak duitnya buat jalan-jalan", " duh gue malu sama kerjaan gue, mereka udah pada kerja di tempat bergengsi","wah gila doi udah S2 aja di luar negeri" dan masih banyak banyak lagi perbandingan-perbandingan yang muncul dalam benak kita , apalagi setelah kepo sosial media khususnya instagram. Ngaku deh, kalian mengalaminya juga kan? Jujur aja gengs, gue mengalami fase ini, bahkan gak gue pungkiri, fase ini masih berlangsung sampai saat ini namun gue berusaha untuk mencoba kontrol pemikiran semacam itu. 

Gue dengan kerjaan yang gue miliki saat ini, memang cukup tidak bergengsi buat sebagian besar manusia di muka bumi ini, yes customer service  salah satu online travel agent ternama dan terbesar di Indonesia, tiket.com. Kalau kata orang, yang masuk dunia CS itu yang mereka salah nyemplung dan sebagainya, setiap gue cerita ke temen-temen gue ataupun keluarga, merekapun responnya "oh"  dengan datar setelah mereka tau posisi gue, kebayang dong betapa tidak bergengsinya posisi ini dan gimana perasaan gue melihat ekspresi data mereka? Kalian yang baca blog ini juga pasti juga berpikir demikian heheh Whatever, despite of kerjaan gue yang menurut orang tidak bergengsi, gue tetep yakin sama pilihan gue, gue yakin setiap proses , setiap pilihan yang gue ambil pasti ada pelajaran yang bisa gue ambil buat kehidupan gue kedepannya. 

Dengan kerjaan gue yang seperti itu, jelas dong gue juga sering membanding-bandingkan diri gue sama temen-temen gue, ya kayak yang gue bilang sebelumnya. Tapi balik lagi nih, capek banget membanding-bandingkan diri kita sama orang lain, yang ada kita gak ada rasa bersyukurnya. Gue mau share nih, jadi setiap kali gue ngerasa selalu lebih rendah dan tidak berhasil dibandingkan dengan orang lain, gue pasti selalu liat video-video motivasi dan baca-baca artikel tentang "self-comparison". Sehabis itu pasti gue ngerasa much better, jadi kita itu butuh pengingat . Setiap kali kita down, kita butuh pengingat biar kita sadar lagi bahwa kita itu gak serendah itu kok, hidup ini proses dan proses itu harus di nikmati. Buktinya, setiap kali gue udah mulai ngerasa much better, gue jadi bersyukur atas apa yang udah gue raih sampai saat ini, emang gaji gue belum yang wow banget, gue belum bisa investasi, tapi gue bersyukur banget, gue bisa bayar cicilan laptop gue sendiri, gue udah hampir satu tahun gak minta duit lagi sama orang tua gue, gue bisa bertahan hidup di kota yang keras ini, gue berhasil menahan diri untuk tidak boros dan berfoya-foya , gue bisa kontrol keuangan gue dan gue bisa mulai punya tabungan, gue bisa memenuhi kebutuhan gue dengan keringet gue sendiri, gue pokonya bersyukur karena gue setidaknya udah bisa mengurangi beban kedua orang tua gue tanpa minta sepeserpun dari mereka.

Ingat, kamu bukan dia, tapi kamu adalah kamu, jangan pernah bandingin diri kita sendiri sama orang lain , karena you're on time dimana seharusnya kamu berada. Yang harus dilakukan adalah bersyukur, nikmati proses dan tentunya selalu berusaha buat mencapai tujuan hidup kita dan menjadi lebih baik. Ingat, tujuan hidup kamu dan orang lain itu berbeda, begitupun dengan definisi sukses setiap orang itu berbeda, jadi gak ada gunanya membandingkan diri kita dengan orang lain yang jelas definisi dan tujuan mereka berbeda dengan kita. We are ontime guys, ontime dimana seharusnya kita berada, selamat belajar dan menikmati proses ya teman seperjuangan :)

Comments

Popular posts from this blog

Ketangkep Petugas Mumbai Suburban Railway (Kereta Api) di Mumbai

Ubud Surganya Bule eh Bali Maksudnya

Keseruan Rafting di Ubud Bersama Para Bule dan Menjadi Minoritas