Pura Terbesar di Bali : Pura Agung Besakih

Welcome to Besakih Temple!

Dateng ke Bali tapi gak mampir ke pura-puranya, bukan ke Bali dong namanya? Pura terbesar di Bali ini lokasinya emang lumayan jauh dari pusat kota, baik Kuta maupun Denpasar, jadi gue yakin gak semua orang yang ke Bali pernah kesini. Pura ini sendiri terletak di wilayah Karangasem, waktu itu sih gue kesana naik motor yang memakan waktu sekitar kurang lebih dua jam dari Kuta. Gak ada alasan tersendiri sih kenapa hari pertama di Bali justru menghabiskan waktu di Pura Besakih. We just went with flow. Pasti pada bertanya-tanya, kenapa gak ke Tanah Lot? atau GWK? well, gue sendiri sebelumnya 2008 udah perneh ke Tanah Lot dan GWK, sedangkan si Ulfi, temen backpaker-an gue, emang kurang tertarik ke Tanah Lot karna di jogja pun juga banyak pantai yang bagus-bagus. Dan buat GWK, alasannya budget, iya karena niatnya low budget jadi ya cari yang harga tiket masuknya terjangkau aja, lagian GWK dalemnya begitu-begitu aja dan kita cuma punya waktu mepet di Bali, jadi dua destinasi tersebut kita skip.

So, pagi itu, (eh gak pagi juga sih, lebih tepatnya menuju siang karena kita juga baru tidur habis subuh setelah melampaui perjalanan panjang), sekitar pukul 11 siang kalau gak salah kita udah ready buat menjelajahi pulau Dewata, yang pertama kita lakuin yaitu nyewa motor, dan untungnya banget hotel tempat kita nginep nyediain jasa penyewaan motor, gur lupa banget waktu itu berapa harga sewa perhari nya kalau gak salah sih antara 60-70 ribu. Setelah selesai bayar-bayar biaya sewa, kita langsung cus ke Alfamart, why? Namanya juga ngirit, cari roti buat ganjal perut wkwk Setelah dapet roti buat tutup mulut cacing-cacing di perut, kita cus menuju Pura Besakih. Perjalanan menuju Pura Besakih pokonya luar biasa indah gaes, karena posisinya yang berada di lereng Gunung Agung. Walaupun siang bolong perjalanan menuju kesana, karena di lerengn gunung jadi hawanya cukup adem. 

Setelah menempuh perjalanan panjang dengan motor, sampailah kami di Pura Besakit sekitar pukul hampir 2 siang. Waktu  itu cuacanya agak mendung, jadi khawatir juga nih kalau hujan. Oh iya, tempat parkir motor dan Puranya cukup jauh. Waktu itu kami beli tiket masuk dengan harga (gue juga lupa tepatnya) anatara 30-45 ribu per orang, termasuk jasa ojek. Jadi ceritanya, lokasi tempat beli tiket dan pintu masuk Pura pun cukup jauh, dan jalannya nanjak, jadi tiket yang kita beli udah termasuk ojek (walaupun gue juga gak paham kok di kasihnya yang include ojek, padahal kayaknya bisa exclude sih). Tapi yaudahlah, lumayan ngirit tenaga hehe Waktu gue ke sana, waktu itu habis ada upacara adat disana, jadi banyak banget sesajen bertebaran didepan pintu masuk pura dan emang pura ini cukup sepi, turis sih banyak cuma gak padet gitu. Dan rata-rata yang kesini adalah para turis yang pakek paket tour mini bus gitu dan kebanyakan turisnya tua-tua dan berkelaurga wkwk (ini gak penting sih)

Pura ini luas banget, itu kenapa disebutnya pura terbesar di Bali, jadi dalam satu wilayah ada banyak pura di dalamnya dan bentuknya pun berbeda-beda, pemandangannya luar biasa banget dan cukup bersih dan greeny menurut gue. Nih gue share beberapa foto pura cantik ini.



Pura utama, ketika masuk nih, pasti disambutnya sama pura yang satu ini



keliatan dong pemandangannya dari ketinggian, tjakeup banget!



I


ini dijual ya, bukan sekedar pajangan wkwk





ketika jalan disini, berasa kayak memasuki era kerajaan, suasananya damai banget, hawanya adem, bikin betah dah pokoknya.

Sekitar setengah lima sore, kita heading back to Kuta, takut kemaleman dijalan, maklum perjalanan jauh melewati hutan, jadi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus balik sebelum matahari terbenam. Sesampainya di Kuta, kita langsung ke Pantai Kuta, buat ngejar sunset dan alhamdulillah lumayan dapet sunset-nya walaupun cuma sebentar, tapi sayang gue gak banyak foto di pantai Kuta dan yang gue foto juga kehapus hiks sedih banget, intinya di Pantai Kuta cuma buat menikmati suasananya aja sih, duduk-duduk di pinggir pantai sambil menik mati sunset, cuma sayang gak sama pasangan jadi kurang romantis *ehh wkwk setelah makin gelap, kita menuju ke hotel buat bersih-bersih terus cari makan keluar. Sekitar pukul 8 atau 9 malam, kami cus cari makan yang murah tentunya, berhubung dekat hotel lumayan banyak yang jual makanan, kami memutuskan buat makan di warteg orang jawa, demi halal food. Makan malam kita habis sekitatr 30ribuan, wajarlah buat standar Bali. Setelah makan kita caw menuju night life of Kuta, kita gak turun sih, ya kalau kita ke Bar juga gak mungkin dong orang pakek jilbab wkwk kalau mau duduk-duduk cantik di cafe ngopi pasti mahal dan out of budget, jadilah kami cuma muter-muter naik motor ngelilingin Kuta buat menikmati gemerlap kuta yang isinya bule semua. 

Jadi gimana gengs, kapan nih ngerencanain buat nge-trip ke Bali dan mengunjungi Pura Besakih? 

Comments

Popular posts from this blog

Ketangkep Petugas Mumbai Suburban Railway (Kereta Api) di Mumbai

Ubud Surganya Bule eh Bali Maksudnya

Keseruan Rafting di Ubud Bersama Para Bule dan Menjadi Minoritas